Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas keaktifan dan hasil belajar IPS dalam bidang geografi pada materi hidrosfer dan pengruhnya terhadap keidupan dengan penerapan model pembelajaran time token dan mendapatkan bukti bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sulabesi Tengah tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, setiap siklus di tempuh dengan 2 kali tindakan yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektifitas keaktifan dan hasil belajar dalam pelaksnaan pembelajaran mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan dengan cara memulai samua komponen atau krateristik Time Token yang terangkum dalam 15 indikator kekatifan dan melalui penyampaian informasi (penyajian kelas), dan skor peningkatan individu, bukti peningkatan keaktifan siklus Isiswa, rata-rata 42,59% pada siklus II mengalami peningkatan yaitu menjadi 90,17%. Bukti peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran Time Token selama pelaksanaan tindakan mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Hasil belajar siswa yang sudah memenuhi nilai KKM (70) pada siklus I sebanyak 5 siswa (27,77%) meningkat pada siklus II sebanyak 16 siswa (88,88). Dengan demikian model pembelajaran time token dapat digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS.
Copyrights © 2022