Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 10 No 1 (2025): Edisi Januari 2025

Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dalam Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju

Akil, Arsam (Unknown)
Hamsa, Akmal (Unknown)
Usman, Usman (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengkaji keefektifan model koperatif tipe NHT dalam pembelajaran menentukan unsur intrinsik cerpen; (2) mengkaji keefektifan model koperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menentukan unsur intrinsik cerpen; dan (3) membuktikan keefektifan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan model kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran menentukan unsur intrinsik cerpen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju, berjumlah 324 peserta didik yang terdiri dari sebelas kelas. Dari kesebelas kelas, ditentukanlah sampel dengan teknik pengundian. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang yang terdiri dari kelas IX 3 dan kelas IX 4. Setelah menentukan sampel, kemudian data tersebut dikumpulkan dengan teknik tes yaitu dengan mengukur pemahaman siswa mengenai unsur intrinsik cerpen. Variabel yang diteliti pada penelitian ini yaitu model kooperatif Numbered Head Together (NHT), model kooperatif jigsaw, dan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen. Penelitian ini memperoleh hasil: (1) Model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju. Hal itu terbukti dari nilai pretes 69,41 menjadi 78,40 pada nilai postest; (2) Model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju. Hal tersebut terbukti dari nilai pretest 60,48 menjadi 77,25 pada nilai postest; dan (3) Berdasarkan hasil uji hipotesis Sig. (2-tailed) menunjukkan nilai yang sama pada kedua model pembelajaran sebesar 0,659. Hal ini menujukkan kedua model pembelajaran efektif digunakan. Akan tetapi, berbeda dengan perolehan nilai thitung yakni 0,444. Nilai thitung 0,444 ≤ dari nilai Ttabel 2,055, oleh karena itu, hipotesis (H0) diterima dan (H1) ditolak sehingga model pembelajaran kooperatif tipe HNT lebih efektif dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 2 Mamuju.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...