Internet merupakan kebutuhan primer bagi setiap orang untuk kegiatan sehari-hari baik berupa hiburan atau pekerjaan. Salah satu sumber mendapatkan internet ialah dari penyedia Internet Service Provider. Internet Service Provider atau ISP sekarang berlomba untuk melakukan layanan terbaik ke pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan klasifikasi pelanggan internet pada CV. Tabung Creative Digital sebagai ISP. Dalam menentukan klasifikasi, metode yang digunakan yaitu menggunakan Metode Random Forest. Dengan menggunakan Metode Random Forest membutuhkan atribut untuk melakukan perhitungan probabilitas, entropy dan gain. Dalam penelitian ini atribut yang digunakan yaitu profile, keadaan sosial dan nilai redaman. Klasifikasi dilakukan dengan cara merangkum dataset tersedia, kemudian dataset dirangkum berdasarkan klasifikasi training, kemudian menghitung entropy dari setiap atribut diperoleh nilai serta menghitung gain dari sub atribut kemudian diperoleh rule dari gain terbesar ke terkecil untuk melakukan klasifikasi. Selanjutnya klasifikasi diujikan dengan data riil dengan hasil uji system. Hasil dari klasifikasi tersebut kemudian diimplementasikan kedalam sistem dan menjadi sistem klasifikasi pelanggan internet serta diuji dengan blackbox supaya analisa dan perancangan sesuai sehingga dapat digunakan
Copyrights © 2025