Kemajuan teknologi serta dampak globalisasi memudahkan setiap negara untuk meyebarkan budayanya ke penjuru dunia, salah satunya melalui sosial media dan seseorang yang terkanal di negaranya. Penelitian ini membahas tentang unggahan Instagram @jensetters.home dalam mempengaruhi fashion mode pengikutnya. Teori yang digunakan adalah teori uses and effect. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan survei eksplanatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh “Intensitas”, “Isi Pesan”, dan “Daya Tarik” terhadap preferensi fashion mode pengikutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh Intensitas (X1) terhadap variabel Y sebesar 17,25%, pengaruh Isi Pesan (X2) terhadap variabel Y sebesar 5,5%, dan pengaruh Daya Tarik (X3) terhadap variabel Y sebesar 9,3%. Hal ini sesuai dengan asumsi dari teori uses and effect bahwa penggunaan media menghasilkan efek bagi penggunanya.
Copyrights © 2025