Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar afektif, keterampilan generik sains, dan kognitif siswa X MIA 3 SMA 1 Bae Kudus menggunakan metode cooperative learning tipe teams games tournament. Penelitian terlaksana tiga dari tiga siklus yang direncanakan. Keberhasilan pembelajaran diukur berdasarkan data observasi, angket, wawancara dan tes. Data yang dihasilkan dianalisis menggunakan teknik persentase, rata-rata klasikal, rasio ketuntasan klasikal, dan N-gain. Hasil capaian pada siklus I, II dan III meliputi : a) aspek N-gain keterampilan generik sains siswa yaitu 0,53, 0,71, dan 0,71, b) aspek aktivitas siswa sebesar 87%, 89% dan 92%, c) aspek afektif siswa berdasarkan observasi sebesar 83%, 89%, menjadi 92%, d) aspek afektif siswa berdasarkan penilaian diri dan penilaian sejawat yaitu 89%, 90%, menjadi 91%, d) Rata-rata klasikal yaitu 67,09, 73,84, dan 75,84, dan e) rasio ketuntasan hasil belajar klasikal yaitu 15/32, 17/32, dan 24/32. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar dan keterampilan generik sains siswa kelas X MIA 3 SMA N 1 Bae Kudus.
Copyrights © 2015