Margin: Jurnal Lentera Managemen Keuangan
Vol. 2 No. 02 (2024): Agustus 2024

Peran Pembayaran Mobile Dalam Meningkatkan Kepuasan Pengguna Dengan Mediasi Kemudahan Transaksi Dan Moderasi Prefensi Konsumen Terhadap Teknologi

Pratiwi, Intan (Unknown)
Putri, Lovina Dian Maharani (Unknown)
Nurlaela, Ela (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pembayaran mobile dalam meningkatkan kepuasan pengguna, dengan mempertimbangkan kemudahan transaksi sebagai variabel mediasi dan preferensi konsumen terhadap teknologi sebagai variabel moderasi. Studi kasus ini dilakukan pada mahasiswa Universitas Pelita Bangsa (UPB). Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembayaran mobile memiliki pengaruh positif signifikan terhadap kepuasan pengguna. Kemudahan transaksi terbukti berperan sebagai mediator yang memperkuat hubungan antara penggunaan pembayaran mobile dan kepuasan pengguna. Selain itu, preferensi konsumen terhadap teknologi memoderasi hubungan tersebut, dimana preferensi yang tinggi terhadap teknologi memperkuat efek positif dari pembayaran mobile terhadap kepuasan pengguna. Temuan ini memberikan implikasi praktis bagi pengembang teknologi pembayaran dan institusi pendidikan dalam meningkatkan adopsi dan kepuasan pengguna melalui peningkatan kemudahan transaksi dan penyesuaian terhadap preferensi teknologi konsumen.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

margin

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Lentera Managemen Keuangan, diterbitkan oleh Lentera Ilmu Nusantara. Jurnal Lentera Managemen Keuangan mewadahi publikasi hasil Penelitian bidang ilmu Manajemen Keuangan yang dilaksanakan oleh Dosen-Dosen sebagai bentuk manifestasi Tri Darma Perguruan Tinggi. Jurnal Lentera Managemen Keuangan ...