JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 13 No 1 (2025): Vol 13 No 1 Januari 2025

EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA

Telaumbanua, Fari Krisnawati (Unknown)
Ziliwu, Iani Firmanwati (Unknown)
Hulu, Masrida (Unknown)
Zai, Novefitriani (Unknown)
Bawamenewi, Arozatulo (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam mengembangkan kreativitas siswa. Kreativitas merupakan salah satu kompetensi esensial abad ke-21 yang perlu dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes kreativitas yang melibatkan siswa sekolah menengah sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif, meliputi aspek fluensi, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk mendorong pengembangan kreativitas siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi PjBL secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan zaman.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...