Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) dalam mengembangkan kreativitas siswa. Kreativitas merupakan salah satu kompetensi esensial abad ke-21 yang perlu dikembangkan melalui pendekatan pembelajaran yang inovatif. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan tes kreativitas yang melibatkan siswa sekolah menengah sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa dalam berpikir kreatif, meliputi aspek fluensi, fleksibilitas, orisinalitas, dan elaborasi. Selain itu, siswa menunjukkan antusiasme dan partisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Temuan ini mengindikasikan bahwa model PjBL dapat menjadi strategi pembelajaran yang efektif untuk mendorong pengembangan kreativitas siswa. Penelitian ini merekomendasikan integrasi PjBL secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan untuk mendukung tercapainya tujuan pembelajaran yang relevan dengan tuntutan zaman.
Copyrights © 2025