Chemistry in Education
Vol 1 No 2 (2012): Terbit Bulan Oktober 2012

PENGARUH PENDEKATAN PAKEM BERBANTUAN PETA KONSEP ACAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Khikmayanti, Afro (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatanPAKEM berbantuan peta konsep acak terhadap hasil belajar materi pokok reaksiredoks siswa kelas X MAN Parakan Temanggung. Populasi dalam penelitianyaitu seluruh siswa kelas X MAN Parakan Temanggung tahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah eksperimen, pengambilan sampel dengan teknik clusterrandom samplingterpilih kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-10sebagai kelas kontrol.Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi,tes, observasi dan angket. Pada kelas Eksperimen diberi perlakuan pembelajarandengan pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acak dan kelas kontrolmenggunakan metode konvensional, yaitu ceramah. Data penelitian dianalisissecara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pos test untukkelas eksperimen adalah 77,11 dan kelas kontrol 70,08 dengan koefisien korelasibiserial (rb) 0,83 dan besarnya kontribusi yang diperoleh adalah 68,59%. Hal inimenunjukkan bahwa pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acakberpengaruh terhadap hasil belajar kimiamateri pokok reaksi redoks siswa kelasX MAN Parakan Temanggung

Copyrights © 2012