Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatanPAKEM berbantuan peta konsep acak terhadap hasil belajar materi pokok reaksiredoks siswa kelas X MAN Parakan Temanggung. Populasi dalam penelitianyaitu seluruh siswa kelas X MAN Parakan Temanggung tahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah eksperimen, pengambilan sampel dengan teknik clusterrandom samplingterpilih kelas X-9 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-10sebagai kelas kontrol.Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi,tes, observasi dan angket. Pada kelas Eksperimen diberi perlakuan pembelajarandengan pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acak dan kelas kontrolmenggunakan metode konvensional, yaitu ceramah. Data penelitian dianalisissecara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pos test untukkelas eksperimen adalah 77,11 dan kelas kontrol 70,08 dengan koefisien korelasibiserial (rb) 0,83 dan besarnya kontribusi yang diperoleh adalah 68,59%. Hal inimenunjukkan bahwa pendekatan PAKEM berbantuan peta konsep acakberpengaruh terhadap hasil belajar kimiamateri pokok reaksi redoks siswa kelasX MAN Parakan Temanggung
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012