Berkala Ilmiah Pendidikan
Vol. 4 No. 3 (2024): Berkala Ilmiah Pendidikan

Implementasi Model Microlearning Untuk Meningkatkan Retensi Belajar Dalam Pendidikan Agama Islam Era Digital di MAN 1 Yogyakarta

Suparman Suparman (Unknown)
Hadi, Moh. Solikul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Era digital membawa perubahan signifikan dalam cara pembelajaran dilakukan, termasuk dalam pendidikan agama Islam (PAI). Namun, tantangan utama yang dihadapi adalah rendahnya retensi belajar siswa akibat informasi yang terlalu padat dan kurangnya interaktivitas dalam metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi model microlearning sebagai pendekatan inovatif untuk meningkatkan retensi belajar PAI di MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental). Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok siswa kelas XI, yaitu kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan microlearning, dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui tes retensi belajar, angket, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk menentukan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model microlearning secara signifikan meningkatkan retensi belajar siswa dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional (p < 0,05). Siswa yang belajar menggunakan microlearning juga menunjukkan peningkatan motivasi dan minat belajar, yang tercermin dalam tingginya tingkat partisipasi selama proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa microlearning dapat menjadi solusi efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran PAI, khususnya di era digital yang menuntut pembelajaran yang fleksibel dan adaptif. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang strategi pembelajaran yang relevan dan berbasis teknologi untuk pendidikan agama di masa depan. Kata kunci: microlearning era digital, retensi belajar, Pendidikan Agama Islam

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Berkala Ilmiah Pendidikan (Online ISSN 2775-5312) publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal ...