Penelitian ini bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran asam basa yang valid, efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan mendapat respon baik dari siswa. Penelitian menggunakan metode R&D model 4D, tetapi langkah-langkah penelitian yang dilakukan hanya sampai 3D yaitu Define, Design, dan Develope. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah valid terbukti dari rata-rata skor validasi dari tiga validator tidak kurang dari 3,5. Hasil belajar siswa meningkat setelah pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan, terbukti dari peningkatan hasil belajar kognitif dari rata-rata skor siswa 12,32 menjadi 25,62, peningkatan hasil belajar afektif dari rata-rata skor 21,41 menjadi 37,74, dan peningkatan hasil belajar psikomotorik dari rata-rata skor 27,44 menjadi 35,53. Respon siswa terhadap pembelajaran telah terbukti baik dilihat dari hasil analisis angket respon siswa yang menunjukkan rata-rata skor tidak kurang dari 3,5. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran asam basa yang dikembangkan valid, efektif meningkatkan hasil belajar siswa, dan mendapatkan respon baik dari siswa.
Copyrights © 2014