Chemistry in Education
Vol 3 No 1 (2014): Terbit Bulan April 2014

Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa

Wulandari, Dyah Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Tengaran, pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan setelah diterapkan desain pembelajaran berbasis brain based learning. Pengambilan dua kelompok sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postest control group design. Pada analisis tahap akhir, uji yang digunakan untuk membandingkan peningkatan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol adalah uji t. Berdasarkan hasil uji t peningkatan hasil belajar siswa, diperoleh thitung (3,38)  lebih dari tkritis (1,67), artinya peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Hasil uji t peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan bahwa thitung (2,55)  lebih dari t kritis (1,67), sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol.

Copyrights © 2014