Mata pelajaran kimia menjadi menyenangkan dengan hasil belajar yang optimal,ketika guru kreatif menggunakan metode pembelajaran yang sesuai denganmateri yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adapengaruh penerapan teknik Cacil Laser sebagai pendekatan metode Drillterhadap hasil belajar materi pokok redoks di SMA 1 Mejobo. Populasi penelitianadalah seluruh kelas X semester 2 SMA 1 Mejobo. Teknik sampling yangdigunakan yaitu cluster random sampling, diperoleh sampel penelitian yaitu kelasX-7 sebagai kelas eksperimen menggunakan teknik cacil laser dalam prosesbelajar mengajarnya, dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol diberi metode drill.Data dikumpulkan menggunakan metode dokumentasi, tes, observasi danangket. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisiendeterminasi dan diperoleh rb 0,6 dengan besarnya kontribusi 36,05%.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapanteknik cacil laser sebagai pendekatan metode drill terhadap hasil belajar kimiamateri pokok redoks siswa kelas X semester 2 SMA 1 Mejobo.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012