Why would someone join a community business? This article aims to explain the existence of community businesses in agriculture in Jatinangor and the attachment of farmers in Jatinangor to the agricultural community business. The concepts used are community business and sense of community. The method used is a qualitative case study. This article finds that Jatinangor Urban Farming (JUF) and Gunung Geulis Communication Forum (FKGG) are community businesses engaged in agriculture in Jatinangor. With distinctive characteristics, farmers who join JUF and FKGG have community attachments based on four things: membership bonds, influence from the community, unity, and fulfillment of common needs, and mutual emotional relationships.Mengapa seseorang bergabung dalam sebuah bisnis komunitas ? Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan eksistensi bisnis komunitas dalam bidang pertanian di Jatinangor dan keterikatan para petani di Jatinangor ke dalam bisnis komunitas pertanian tersebut. Konsep yang dipergunakan adalah bisnis komunitas dan keterikatan komunitas. Metode yang dipergunakan adalah kualitatif studi kasus. Artikel ini menemukan bahwa Jatinangor Urban Farming (JUF) dan Forum Komunikasi Gunung Geulis (FKGG) merupakan bisnis komunitas yang bergerak dalam bidang pertanian di Jatinangor. Dengan karakteristik yang khas, para petani yang bergabung dengan JUF dan FKGG memiliki keterikatan komunitas berdasarkan empat hal, yakni: ikatan keanggotaan, pengaruh dari komunitas, adanya penyatuan dan pemenuhan kebutuhan bersama, serta adanya hubungan emosional bersama.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024