Coution : Journal of Counseling and Education
Vol 2 No 1 (2021): Coution

Studi Kasus Konsep Pemahaman Diri Siswa MTs N 3 Cirebon

Nakhma’ussolikhah Nakhma’ussolikhah (IAI Bunga Bangsa Cirebon)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Pada prinsipnya siswa kelas VII D merupakan individu yang ada disekolahdan perlu diberi bimbingan berupa pengembangan diri pada bidang pribadidisebut dengan layanan klasikal, layanan individual maupun layanankelompok. Sesuai dengan usia perkembangan dan jenjang peralihan darimasa anak – anak menuju remaja awal dikenal dengan istilah masa transisi.Penelitian ini dilatar belakangi sikap pemahaman diri siswa perlu diketahuioleh guru BK dan wali kelas VII D. Tujuan dalam penelitian ini Untukmenggali permasalahan terkait konsep pemahaman diri pada siswa kelas VIID di MTs Negeri 3 Cirebon. Jenis penelitian ini merupakan penelitiankualitatif yang bersifat studi kasus dengan perolehan sumber data primersiswa kelas VII D sesuai dengan indikator konsep pemaham diri siswa,bersama 3 responden (YM, AL, CH,) dan data sekunder meliputi guru BKkelas VII, Wali kelas VII D. Instrumen yang digunakan dalam penelitian iniberupa pedoman wawancara (interview guide), pedoman observasi, Analisisyang digunakan dengan teknik triangulasi data. Hasil dari penelitian yangtelah dilakukan yaitu konsep pemahaman diri negatif siswa kelas VII D diMTs N 3 Cirebon Diketahui siswa yang memiliki konsep diri negativeterdapat 3 siswa yang sesuai dengan indikator dari guru BK, wali kelas VIID.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

coution

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Coution Journal is managed and published by the Islamic Education Counseling Guidance Study Program of the Tarbiyah Faculty of Islamic University Bunga Bangsa Cirebon. college student. The scope of scientific articles published in this journal is about counseling and education as well as those ...