Coution : Journal of Counseling and Education
Vol 3 No 2 (2022): Coution

Efektivitas Self-Regulated Learning Meningkatkan Prestasi Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring

Felix Trisuko Nugroho (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia)
Zita Deni Pratiwi (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia)
Juliane Maria Jeanette Clarisa Padjo (Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-regulated learning terhadap peningkatan akademik mahasiswa dalam pembelajaran daring. Desain penelitian ini adalah pre-experiment dengan dua kelompok yang dipilih secara random. Subjek yang digunakan dalam penelitian berjumlah 54 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan metode self-report, literature review, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok eksperimen yang diberikan perlakuan dengan materi self-regulated learning memiliki peningkatan indeks prestasi akademik (IP) yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil analisis data menunjukkan nilai p < 0,003. Kelompok eksperimen yang diberi perlakuan memiliki nilai rata-rata indeks prestasi (IP) dalam pembelajaran daring lebih tinggi dengan rerata mean = 2,78, sedangkan kelompok kontrol dengan rerata mean = 2,47.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

coution

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Coution Journal is managed and published by the Islamic Education Counseling Guidance Study Program of the Tarbiyah Faculty of Islamic University Bunga Bangsa Cirebon. college student. The scope of scientific articles published in this journal is about counseling and education as well as those ...