Jurnal Manajemen Almatama
Vol. 3 No. 1 (2024): Maret

PENGARUH MOTIVASI KERJA, KEPUASAN KERJA, DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA DIVISI WAREHOUSE DI PT. PANGAN NIKMAT ABADI

Dyni (Unknown)
Kadek Ayu Susiani Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan pada divisi warehouse di PT. Pangan Nikmat Abadi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan melalui pengumpulan data dan Kuesioner. Sampel pada penelitian ini sebanyak 49 responden dan diolah menggunakan program IBM SPSS versi 24.0. Hasil penelitian menunjukan variabel motivasi kerja (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). thitung < dari ttabel (0,216 < 1,679) dan nilai signifikan sebesar 0,830 > 0,05. Variabel kepuasan kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Dengan nilai thitung > ttabel (3,207 > 1,679) dan nilai signifikan sebesar 0,002 < 0,05. Variabel stres kerja (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y). Dengan nilai thitung < ttabel (1.136 < 1,679) dan nilai signifikan sebesar 0,262 > 0,05. Secara simultan variabel motivasi kerja (X1), kepuasan kerja (X2), stres kerja (X3) berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai Fhitung > Ftabel (6,354 > 2,81), dengan nilai Sig. 0,001, karena nilai Sig. lebih kecil dari 0,05. Hasil Adjusted R Square (Adj. R2) adalah 0,251 atau 25,10% yang berarti variabel-variabel bebas dapat menerangkan perubahan pada variabel kinerja karyawan sebesar 25,10% sedangkan sisanya sebesar 74,90% diterangkan oleh faktor-faktor lain diluar penelitian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This journal contains research articles, conceptual development, critical review relating to the fields of management and business, such as the Human Resource Management, Marketing, Operational, Information System Management, Entrepreneurship, and Finance in the service ...