Jurnal Manajemen Almatama
Vol. 3 No. 2 (2024): September

PENGARUH KESADARAN HALAL, SERTIFIKASI HALAL, DAN KOMPOSISI PRODUK TERHADAP MINAT BELI PRODUK MI SAMYANG YANG TERDAFTAR BPOM RI PADA MASYARAKAT RW 04 DESA JATIMULYA TANGERANG

Adik Nuryamah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia)
Siti Marliah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2025

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini  untuk  mengetahui  pengaruh  Kesadaran Halal, Sertifikasi Halal, Komposisi Produk  terhadap Minat Beli pada produk Mi Samyang yang terdaftar BPOM RI pada Warga Desa RW 04 Desa Jatimulya, Tangerang, Banten. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil pembahasan yang telah diperoleh menunjukkan simpulan sebagai berikut: Kesadaran halal (X1) berpengaruh  terhadap minat beli (Y), memiliki  nilai  signifikansi 0,009< 0,05 dan t hitung > t tabel (2,672 > 1,98969) maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya kesadaran halal (X1) berpengaruh positif dan signifikan  terhadap  minat beli (Y).Variable Sertifikasi Halal (X2) berpengaruh terhadap minat beli (Y), memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (4,820 > 1,98969) maka Ho ditolak Ha diterima yang artinya Sertifikasi Halal (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli (Y). Variabel kualitas komposisi produk (X3) berpengaruh terhadap  minat beli (Y), memiliki  nilai  signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung > t tabel (4,460> 1,98969) maka Ho ditolak Ha diterima yang artinya komposisi produk berpengaruh positif  dan signifikan terhadap minat beli (Y). Hasil uji secara simultan dengan f hitung sebesar 31,072 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan f tabel sebesar 2,72 (84-3-1= 80), yang dapat  dilihat  pada  lampiran f tabel kolom df 3). Karena nilai signifikansi lebih kecil dari nilai  signifikansi yang telah ditetapkan, yaitu sebesar 0,05, dan ftabel (2,72) < fhitung (31,072) maka Ho ditolak  dan Ha diterima, dapat  disimpulkan  bahwa model  regresi berganda  ini sangat  baik  untuk  digunakan. Variabel independen yang terdiri dari kesadaran halal (X1), Sertifikasi Halal (X2) dan komposisi produk (X3), dapat digunakan untuk memprediksi variabel dependen, yaitu variabel minat beli (Y).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jma

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This journal contains research articles, conceptual development, critical review relating to the fields of management and business, such as the Human Resource Management, Marketing, Operational, Information System Management, Entrepreneurship, and Finance in the service ...