MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 2 (2023): Mimbar PGSD Flobamorata

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI BERBANTUAN MEDIA KONGKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU KELAS IV SD INPRES OEPOI KOTA KUPANG TAHUN AJARAN 2021/2022

Suryadin Hasyda (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Wahyu Lestari (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi berbantuan media kangkrit untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tema 7 indahnya keberagaman di negeriku kelas IV SD inpres Oepoi kota kupang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah peneltian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas IV SD Inpres Oepoi setelah menerapkan model pembelajaran telaah yurisprudensi berbantuan media kangkret skor aktivitas guru siklus I mencapai 67% dan siklus ke II mencapai 95% pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 66% dan siklus II mecapai 94%. Adapun nilai hasil belajar siklus I yang dimana peserta didik yang tuntas 15 anak pada pencapaian 51% dan peserta didik yang tidak tuntas 10 anak pada pencapaian 49%. Sedangkan nilai hasil belajara peserta didik pada siklus ke II dimana peserta didik yang tuntas ada 27 peserta didik dengan pencapaian 93% dan tidak tuntas 2 peserta didik denganpencapaian 7%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran telaah yurisprudensi berbantuan media kangkret dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas IV SD Inpres Oepoi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...