MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 4 (2023): Mimbar PGSD Flobamorata

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME PADA TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD KATHOLIK ST. MARIA ASSUMPTA

Belandina Banni Kaho (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Ahmad Yani (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Suryadin Hasyda (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kontruktivisme untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Katholik St. Maria Assumpta. Metode dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan jumlah 20 peserta didik. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas peserta didik dan lembar evaluasi. Tes lembar observasi aktivitas guru teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus presentase. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru siklus I pertemuan I mencapai presentase 65,3% dan pertemuan II 70,6% (cukup baik) dan siklus II pertemuan I mencapai presentase 93,3% dan pertemuan II 96% (baik). Sedangkan tes hasil belajar siswa yang diperoleh siklus I, 5 orang peserta didik yang tuntas dengan presentase 25% dan yang tidak tuntas 15 orang peserta didik dengan presentase 75% dan pada siklus II terjadi peningkatan yaitu 18 peserta didik yang tuntas dengan presentase 90% dan yang tidak tuntas 2 orang peserta didik dengan presentase 10%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kontruktisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV Pada Pembelajaran IPA di SD Katholik St. Maria Assumpta Tahun Ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...