MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 4 (2023): Mimbar PGSD Flobamorata

Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) untuk meningkatkan hasil belajar IPA Tema 6 Panas dan Perpindahannya kelas V SDN Nunbaun Sabu Kupang

Srisuriani N. Djou (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Nuriyah (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Ummu Aiman (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
06 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) pada siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data, indikator keberhasilan 75% dan nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu setelah menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) skor aktivitas guru siklus I mencapai 68,88. Dan siklus II mencapai 82,77 pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I mencapai 60,11 dan siklus II mencapai 87,33. Adapun nilai hasil belajar siswa siklus I yang dimana siswa yang tuntas 12 anak dengan presentase 70,25 % dan siswa yang tidak tuntas 8 anak dengan presentase ketidak tuntasan 40 %. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dimana siswa yang tuntas ada 20 siswa dengan pencapaian 100 % dan tidak tuntas 0 %. Hal ini membuktikan bahwa . Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas V SDN Nunbaun Sabu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...