MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 1 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran PPKn Sikap Bangga Sebagai Bangsa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Peserta Didik Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kota Kupang

Adelina Deasi Gimarains (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Arifin (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Muhamad Rusadi Letasado (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan model pembelajaran berbasis masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam , 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, Hasil belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melalui tiga tahap yakni, pengumpulan data, pengkajian, dan analisis data. Dengan subjek penelitian pada peserta didik kelas SD Muhammadiyah 1 kota kupang dengan jumlah peserta didik 22 terdiri dari 12 laki- laki dan 10 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada topik D ‘Sikap bangga sebagai bangsa indonesia’’ pada pembelajaran PPKn dengan ketuntasan yang diperoleh pada kelas yang dikategorikan tuntas 15 orang peserta didik dengan nilai presentase 68,18% dan ketidaktuntasan pada 7 orang peserta didik dengan nilai presentase 31,82 % dengan nilai rata-rata 70,45% dari hasil belajar peserta didik pada siklus I belum mencapai KKM 75. Pada siklus II terjadi peningkatan dari 19 peserta didik dengan nilai ketuntasan sebesar 86,36%, mencapai KKM ketuntasan dengan nilai rata-rata 75. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...