MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 1 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Penerapan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PPKn Tema 7 Sub Tema 2 Perkembangan Teknologi Produksi Sandang Kelas 3 SD Inpres Oesapa Kecil 1 Tahun Pelajaran 2023/2024

Agustina Erlin Bonlai (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Arifin (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Sunimbar (Universitas Nusa Cendana)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan penerapkan media scrapbook peserta didik kelas III UPTD SDI Oesapa kecil 1 Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik kelas III UPTD SDI Oesapa kecil 1 kupang setelah menerapkan media scrapbook skor aktivitas guru siklus I mencapai 67% dan siklus II mencapai 85% pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik siklus I mencapai 66,36% dan siklus II mencapai 85,44%. Adapun nilai hasil belajar peserta didik siklus I yang dimana peserta didik yang tuntas 4 anak dengan presentase 44% dan peserta didik yang tidak tuntas 5 anak dengan presentase 60%. Sedangkan nilai hasil belajar peserta didik pada siklus II dimana peserta didik yang tuntas ada 16 anak peserta didik dengan pencapaian 80% dan tidak tuntas 4 anak dengan nila 20%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan media scrapbook dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada peserta didik kelas III UPTD SDI Oesapa Kecil 1 kupang

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...