MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 1 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Pengaruh Media Kompa (Komik IPA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Topik C Pada Materi Simbiosis Makhluk Hidup Mata Pelajaran IPA Kelas IV UPTD SD Inpres Oesapa Kecil 1 Kupang

Agnes Telik Seran (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Ummu Aiman (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Ahmad Yani (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Kompa (Komik IPA) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Simbiosis Makhluk Hidup Matapelajaran IPAS Kelas 1V UPTD SD INPRES OESAPA KECIL 1 Kota Kupang. Dengan rancangan penelitian menggunakan kelas kontrol Pretest-Posttest dan kelas eksperimen Pretest-Posttest dimana terdiri dari satu variabel yaitu variabel bebas yaitu model pembelajaran media kompa (komik IPA) terhadap hasil belajar siswa pada materi simbiosis makluk hidup. Populasi adalah seluruh subjek yang di teliti sedangkan sampel dalam peneliti ini adalah peserta didik kelas iV SD Oesapa Kecil 1 Kelas IV berjumlah 33 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil analisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil analisis data penelitian rata rata mean kelas kontrol post-test 58.44 dan kelas eksperimen pre-test 57.97 serta di dukungan dengan hasil Uji Paired Samples Test/Uji T dengan nilai Sig. Kelas Eksperimen 0.00 < 0.05. Yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh media kompa (komik IPA) terhadap hasil belajar siswa pada materi simbiosis makluk hidup pada matapelajaran IPA kelas 1V SD Oesapa kecil 1 tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...