MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 2 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Penerapan Model Pembelajaran Koperatif Picture and Picture dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Daur Hidup Hewan

Apolonia Clementia Mogi Gadhi (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Suryadin Hasyda (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Uslan (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 materi Daur Hidup Hewan di kelas IV SDK Maria Bunda Karmel, dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV SDK Maria Bunda Karmel. Teknik pengumpulan data melibatkan soal pilihan ganda, observasi, pretest, dan posttest. Data yang diperoleh dari observasi dan tes dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan perhitungan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase hasil belajar siswa mencapai 68%, dengan kategori cukup baik. Pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan dengan hasil belajar mencapai 83%, yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Picture and Picture secara efektif meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 6 materi Daur Hidup Hewan di kelas IV SDK Maria Bunda Karmel tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...