MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 2 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Mind mapping Tema Kewajiban dan Hakku di Kelas III MI Al Fitrah Oesapa

Siti Maimuna Molomahi (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Arifin (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Nurlailah (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tema 5 kewajiban dan hakku di kelas III MI Al Fitrah Oesapa Tahun Ajaran 2023/2024 melalui metode pembeajaran mind mapping.Subjek penelitian ini adalah 33 orang peserta didik kelas III mi al fitrah Oesapa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru siklus I dengan presntase 63% dan aktivitas peserta didik siklus I 60%.Pada siklus II meningkat aktivitas guru dengan presentase 94,44% dan peserta didik siklus II dengan presentase 90,86%.selain itu hasil kemampuan membaca siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dengan presentase postetes yang tuntas pada siklus I yaitu 25% dengan rata-rata 70 % dan pada siklus II dengan presentase 36%dengan rata-rata 95% yang tuntas dengan kategori sangat baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...