MIMBAR PGSD FLOBAMORATA
Vol. 2 No. 2 (2024): Mimbar PGSD Flobamorata

Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPkn Bab 4 Topik B Tentang Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Di Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024

Marleni Nesi (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Zainur Wula (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Ummu Aiman (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran talking stick siswa kelas IV SD Muhammadiyah I Kupang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan melalui dua tahap yaitu teknik pengumpulan data dan teknik analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kupang setelah menerapkan model pembelajaran talking stick skor aktivitas guru siklus I mencapaI 83% dan siklus II mencapai 96% pada taraf sangat baik. Sedangkan hasil observasi aktivitas siswa siklus I mencapai 66,5% dan siklus II mencapai 84%. Adapun nilai hasil belajar siswa siklus I yang dimana siswa yang tuntas 6 anak dengan presentase 25% dan siswa yang tidak tuntas 21 anak dengan presentase 75%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pada siklus II dimana siswa yang tuntas ada 24 anak siswa dengan pencapaian 100% semua anak tuntas. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran talking stick dalam upaya peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Bab 4 topik B tentang keutuhan NKRI di kelas IV SD Muhammadiyah 1 Kupang Tahun Ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mpf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...