Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen performance assessment untuk menilai kinerja siswa pada praktikum kimia materi hidrolisis garam yang memenuhi syarat valid dan reliabel. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development, R & D). Tahap pengembangan ini meliputi analisis kebutuhan, merangcang instrumen, validasi dan uji coba produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN 1 Semarang. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan penilaian tiga orang ahli. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan uji reliabilitas menggunakan teori generalibilitas menggunakan program GENOVA. Hasil penelitian diperoleh instrumen performance assessment yang valid menurut penilaian ahli. Uji reliabilitas instrumen diperoleh besarnya koefisien reliabilitas yang cukup tinggi masing-masing instrumen penilaian kinerja proses dan produk sebesar 0,83 dan 0,87. Profil hasil penilaian kinerja praktikum siswa menunjukkan bahwa secara umum hampir seluruh siswa menunjukkan kinerja yang baik, dilihat dari kinerja proses dan kinerja produk. Hasil penelitian ini menunjukkan instrumen performance assessment praktikum kimia materi hidrolisis garam yang dikembangkan dapat digunakan untuk menilai kinerja siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016