Chemistry in Education
Vol 4 No 2 (2015): Terbit Bulan Oktober 2015

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK ARTIKEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Lestari, Resa Ani (Unknown)
Hadisaputro, Subiyanto (Unknown)
Nuswowati, Murbangun (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa SMA Negeri 8 Semarang melalui pembelajaran berbasis proyek dengan produk artikel. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA SMA Negeri 8 Semarang yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA-4 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rara-rata nilai pos-test kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar kognitif kelas eksperimen adalah sebesar 81,97 dan kelas kontrol sebesar 77,63. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa terdapat peningkatan antara sebelum diberikan perlakuan (pre-test) dan setelah diberikan perlakuan (pos-test) yaitu kelas eksperimen peningkatannya sebesar 0,73 pada kriteria tinggi sementara kelas kontrol sebesar 0,67 pada kriteria sedang. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai afektif dan psikomotorik kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dengan produk artikel dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2015