Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara fisiognomi wajah, bentuk tubuh, dan visualisasi desain karakter film animasi. Penokohan dalam sebuah film animasi tidak terlepas dari karakter yang ditempatkan untuk memenuhi peran film tersebut. Dalam penciptaan bentuk tubuh dapat digabungkan sebagai pendekatan desain. Karakter dimodifikasi melalui penyederhanaan dalam bentuk kartun. Hal ini dilakukan agar visualisasi karakter semakin mendekati peran yang ditambahkan, selain untuk menonjolkan ciri khas satu karakter dengan karakter lainnya. Bahkan dalam film animasi, karakter menjadi elemen penting untuk mengarahkan pemahaman cerita. Pendekatan yang digunakan adalah interdisipliner, mengingat dalam karakter terdapat penggabungan elemen visual yang perlu didekati dengan menggunakan teori yang berbeda. Perpaduan teori yang digunakan adalah teori kepribadian melalui somatotype untuk menemukan karakter melalui bentuk tubuh dan ming xiang untuk mendapatkan ciri karakter dan teori penyederhanaan bentuk menjadi kartun. Hasilnya adalah kecocokan antara karakter yang dimainkan oleh tiga elemen referensi. Hal menarik yang ditemukan adalah penerapan somatotype yang berbeda antara satu karakter dengan karakter lainnya untuk memperkuat karakteristik. Sehingga dalam film tokoh-tokoh tersebut dapat merepresentasikan peran-peran yang merupakan representasi manusia dalam kehidupan nyata.
Copyrights © 2023