Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru
Vol. 1 No. 2 (2024)

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Di SDN 008 Samarinda Ulu

Linda, Apnita (Unknown)
Yati, Asmita (Unknown)
Atikah, Atikah (Unknown)
Samosir, Dinawaty (Unknown)
Yuliana, Dina (Unknown)
Rahayu, Erika Dea Fitri (Unknown)
Telnoni, Junefra (Unknown)
Bemi, Lidia (Unknown)
Nabila, Ridha (Unknown)
Reski, Wahyuni (Unknown)
Azainil, Azainil (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) ini bertujuan untuk memberikan manfaat bagi guru SDN 008 Samarinda Ulu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, memperkaya pengalaman belajar peserta didik, meningkatkan keterlibatan siswa dan mendukung pembelajaran berbasis teknologi, serta memfailitasi pembelajaran diferensial. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah pendekatan kolaboratif antara mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Universitas Mulawarman dan guru SDN 008 Samarinda Ulu, yang dalam hal ini mahasiswa PPG Universitas mulawarman memberikan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis TPACK. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 008 Samarinda Ulu, dengan peserta berjumlah 15 orang. Evaluasi kegiatan dilakukan untuk menilai keberhasilan, implementasi dan memberikan umpan balik untuk perbaikan lebih lanjut. Evaluasi ini dilakukan dengan memberikan kuisioner secara tertutup dengan 8 pertanyaan. Dari hasil kuisioner diperoleh sebanyak 87% peserta sudah mampu membuat media pembelajaran berbasis TPACK dengan aplikasi quizziz dan liverworksheet. ​

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpmpg

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat Profesi Guru merupakan jurnal Ilmiah yang menjadi wadah bagi para akademisi dan praktisi untuk mempublikasikan hasil kegiatan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Profesi Guru, FKIP, Universitas Mulawarman. ...