Matematika adalah salah satu pelajaran yang penting dalam perkembangan masyarakat dan aspek yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Namun, peserta didik memiliki persepsi rendah terhadap motivasi dan kepercayaan diri untuk mempelajari matematika. Salah satu solusi dari masalah pembelajaran tersebut adalah gamifikasi. Gamifikasi dalam pendidikan adalah penerapan teknik sistem di luar permainan yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi, motivasi dan prestasi dalam pembelajaran. Tujuan dari penelitian adalah pembuatan sistem gamifikasi matakuliah matematika dasar untuk mahasiswa program studi Informatika FTI UAJY yang mudah digunakan, mendukung pembelajaran dan meningkatkan motivasi. Penelitian dibatasi kepada mahasiswa peserta matakuliah matematika dasar program studi Informatika FTI UAJY. Sistem dibangun sebagai aplikasi web dengan metode waterfall. Pengujian sistem kepada mahasiswa yang pernah menempuh matakuliah matematika dasar program studi Informatika FTI UAJY menunjukkan bahwa sistem gamifikasi yang dibuat mudah digunakan, mendukung pembelajaran dan meningkatkan motivasi.Kata Kunci: Gamifikasi, matematika, mahasiswa, waterfall
Copyrights © 2023