Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 2 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Februari 2024

Tantangan dan peluang multikulturalisme Dalam pendidikan islam

Lusiana (Universitas Islam 45 Bekasi)
Wandi Alif Firdaus (Universitas Islam 45 Bekasi)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Masyarakat Indonesia yang kaya dengan keragaman budaya menghadirkan peluang dan tantangan bagi pendidikan Islam. Di satu sisi, multikulturalisme dapat memperkaya pembelajaran dan menumbuhkan toleransi antar budaya. Di sisi lain, keragaman ini dapat memicu miskomunikasi dan bahkan konflik. Penelitian ini bertujuan mengkaji peluang dan tantangan multikulturalisme dalam pendidikan Islam di Indonesia. Metodologi Kajian pustaka dilakukan untuk menganalisis berbagai literatur terkait multikulturalisme dan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multikulturalisme menghadirkan peluang untuk memperkaya pembelajaran, menumbuhkan toleransi, dan mencegah konflik. Namun, terdapat pula tantangan seperti perbedaan interpretasi, batas toleransi, pemilihan model multikultur, dan kesiapan sistem pendidikan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan Pendidikan Islam multikultural dapat menjadi solusi untuk membangun generasi muda yang toleran dan berwawasan luas. Upaya serius diperlukan untuk mengatasi tantangan dan memaksimalkan peluang untuk mewujudkan pendidikan Islam yang inklusif dan kontekstual.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...