Masyarakat Indonesia yang kaya dengan keragaman budaya menghadirkan peluang dan tantangan bagi pendidikan Islam. Di satu sisi, multikulturalisme dapat memperkaya pembelajaran dan menumbuhkan toleransi antar budaya. Di sisi lain, keragaman ini dapat memicu miskomunikasi dan bahkan konflik. Penelitian ini bertujuan mengkaji peluang dan tantangan multikulturalisme dalam pendidikan Islam di Indonesia. Metodologi Kajian pustaka dilakukan untuk menganalisis berbagai literatur terkait multikulturalisme dan pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multikulturalisme menghadirkan peluang untuk memperkaya pembelajaran, menumbuhkan toleransi, dan mencegah konflik. Namun, terdapat pula tantangan seperti perbedaan interpretasi, batas toleransi, pemilihan model multikultur, dan kesiapan sistem pendidikan. Dari penelitian ini dapat disimpulkan Pendidikan Islam multikultural dapat menjadi solusi untuk membangun generasi muda yang toleran dan berwawasan luas. Upaya serius diperlukan untuk mengatasi tantangan dan memaksimalkan peluang untuk mewujudkan pendidikan Islam yang inklusif dan kontekstual.
Copyrights © 2024