Jurnal Ilmiah Multidisiplin
Vol. 2 No. 8 (2024): Jurnal Ilmiah Multidisiplin, Agustus 2024

Pengembangan Multimedia Interaktif Pendekatan Evaluatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekosistem Di Sekolah Dasar

Azizah Zirlyanni Ashari (Universitas Islam 45 Bekasi)
Ibnu Muthi (Universitas Islam 45 Bekasi)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan evaluatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di sekolah dasar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan alat pembelajaran yang efektif dan menarik sehingga dapat memfasilitasi pemahaman siswa mengenai konsep ekosistem secara lebih mendalam dan menyeluruh. Metode yang digunakan dalam pengembangan multimedia ini melibatkan langkah-langkah evaluasi yang sistematis, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, hingga evaluasi efektivitasnya. Multimedia interaktif yang dikembangkan mencakup berbagai elemen seperti teks, gambar, animasi, video, dan kuis interaktif yang disesuaikan dengan kurikulum ekosistem sekolah dasar. Pendekatan evaluatif diterapkan untuk memastikan bahwa setiap komponen multimedia memenuhi standar pedagogis dan memberikan umpan balik yang konstruktif bagi siswa. Hasil dari implementasi menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif ini dapat meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah pemahaman konsep, dan secara signifikan meningkatkan hasil belajar mereka. Dengan demikian, pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan evaluatif terbukti efektif sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah dasar, khususnya untuk materi ekosistem. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik dan pengembang teknologi pendidikan dalam menciptakan alat pembelajaran yang inovatif dan berbasis evaluasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Religion Aerospace Engineering Economics, Econometrics & Finance Education Engineering

Description

Jurnal Ilmiah Multidisiplin (JIM) is a peer-review journal that could be access to the public, published by Lumbung Pare Cendekia. This journal is published twelve issue a year, every month with online version of E-ISSN: 3026-3808. JIM provides a platform for researchers, academics, professionals, ...