Penelitian ini berfokus pada pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan evaluatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem di sekolah dasar. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menciptakan alat pembelajaran yang efektif dan menarik sehingga dapat memfasilitasi pemahaman siswa mengenai konsep ekosistem secara lebih mendalam dan menyeluruh. Metode yang digunakan dalam pengembangan multimedia ini melibatkan langkah-langkah evaluasi yang sistematis, mulai dari analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, implementasi, hingga evaluasi efektivitasnya. Multimedia interaktif yang dikembangkan mencakup berbagai elemen seperti teks, gambar, animasi, video, dan kuis interaktif yang disesuaikan dengan kurikulum ekosistem sekolah dasar. Pendekatan evaluatif diterapkan untuk memastikan bahwa setiap komponen multimedia memenuhi standar pedagogis dan memberikan umpan balik yang konstruktif bagi siswa. Hasil dari implementasi menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif ini dapat meningkatkan minat belajar siswa, mempermudah pemahaman konsep, dan secara signifikan meningkatkan hasil belajar mereka. Dengan demikian, pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan evaluatif terbukti efektif sebagai alat bantu pembelajaran di sekolah dasar, khususnya untuk materi ekosistem. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para pendidik dan pengembang teknologi pendidikan dalam menciptakan alat pembelajaran yang inovatif dan berbasis evaluasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2024