Pembelajaran bahasa Inggris di SMK lebih bersifat praktik karena itu merupakan bekal mereka untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Belajar bahasa Inggris yang hanya berfokus pada kemampuan berbicara tanpa adanya pembelajaran struktur kalimat, akan dirasa kurang. Padahal, grammar merupakan salah satu hal penting dalam menyusun kalimat berbahasa Inggris baik secara tulis maupun lisan. Permasalahan yang dihadapi target pengabdian adalah mereka tidak mengetahui secara detail terkait penyusunan kalimat bahasa Inggris sesuai dengan aturan tata bahasa Inggris. Tujuan pelaksaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan bahasa Inggris siswa dalam membuat kalimat simple present tense dengan single-slot substitution drill. Pretest, ceramah, posttest merupakan metode yang digunakan dalam kegiatan ini. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunnjukkan bahwa pengetahuan siswa terkait simple present tense meningkat yang dibuktikan dengan perbedaan nilai pretest dan posttest. Selain itu, siswa mengatakan bahwa mereka lebih paham dan mudah menentukan kata kerja yang digunakan dalam simple present tense dengan teknik single-slot substitution drill.
Copyrights © 2022