Pendekatan kontestual dalam proses pembelajaran guru dapat menerapkan pendekatan Contextual Teaaching and Learning (CTL) dimana lingkungan sekolah dapat dimanfaatkan oleh guru untuk membantu siswa memahami konsep yang langsung berada dilingkungan dimana memudahkan guru dalam proses penjelasan terhadap konsep yang dipelajari bersama siswa meskipun membutuhkan kerjasama yang baik antara guru dan siswanya. SMP Negeri 4 SATAP Maba Kabupaten Halmahera Timur merupakan sekolah yang berorientasi lingkungan kenyataannya guru belum memanfatkan visi sekolah dngan baik salah satunya menerapkan pembelajaran berbasis lingkungan dengan pendekatan pembelajaran yang tepat dimana guru masih mengandalkan metode konvesional (ceramah) yang mengarah pada teacher-centered proses pembelajaran hanya di lakukan di dalam kelas untuk itu diperlukan inovasi dalam pembelajaran dengan menerapan pendekatan Contextual Teaaching and Learning (CTL). Penelitian ini merupakan tipe korelasi dengan pendekatan Quasi eksperimen yang dilaksanakan SMPN 4 SATAP Maba Kabupaten Halmahera Timur. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa ini ditunjukan dengan hasil analisis Anava pada nilai signifikansi yaitu 0,010 ˂ 0,05 atau sig ˂ 0,05.
Copyrights © 2022