Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol. 8 No. 2 (2018): Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Agustus 2018

Pengaruh Motivasi Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi di SMA Mardi Utomo Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri

Mohamad Badrus (Madrasah Ibtidaiyah Najatus Salihin Tarokan Kab. Kediri)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh motivasi mengajar guru di sekolah. Dalam meningkatkan prestasi belajar guru harus mampu mengembangkan motivasi dalam setiap kegiatan belajar mengajar. Untuk itu, perlu adanya suasana komunikatif belajar mengajar antar guru dengan siswa, karena dapat membangkitkan motivasi belajar siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar secara efektif dan efisien. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi mengajar guru di SMA Mardi Utomo Tarokan Kediri? 2) Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Mardi Utomo Tarokan Kediri? 3) Apakah ada pengaruh motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Mardi Utomo Tarokan Kediri? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk deskriptif korelasional, dan merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan datanya dengan metode angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pedoman dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan rumus “kendal’s tau”. Untuk uji signifikannya menggunakan rumus z. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: 1) Motivasi mengajar guru di SMA Mardi Utomo Tarokan Kediri secara umum tergolong tinggi dengan rata-rata 67,77. 2) Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Mardi Utomo Tarokan Kediri secara umum tergolong cukup dengan rata-rata 86,71 3) Ada pengaruh yang kuat antara motivasi mengajar guru dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Mardi Utomo Tarokan Kediri dengan korelasi sebesar 0,986. Pengaruh motivasi mengajar guru terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Mardi Utomo Tarokan Kediri sebesar 54.96 %.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

intelektual

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman accepts research results in the fields of research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions, both formal and non-formal education in the scope of Islamic education thought, Islamic educational ...