Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol. 8 No. 2 (2018): Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Agustus 2018

Korelasi Kualitas Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di MI Kecamatan Prambon Nganjuk

Unaisiyah Unaisiyah (Pengawas Pendidikan Agama Islam (PPAI) Kec. Prambon Nganjuk)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2018

Abstract

Supervisi yang handal untuk meningkatkan mutu kinerja guru harus terus digalkkan, seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Pengawasan sebagai supervisor sekolah dituntut menjadi figur yang dapat menjadi contoh dan panutan bagi para guru dan para siswa dalam hal pembentukan karakter baik dalam hal disiplin, maupun dalam hal etika dan moral. Terlebih lagi saat ini telah menerapkan kurikulum baru yang berorientasi pada pembentukan karakter siswa. Memberikan pengetahuan tentang etika pergaulan, penanaman nilai-nilai agama, moral, budi pekerti serta etika bagi anak didik, harus terus menerus dilakukan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat keaktifan supervisi akademik pengawas sekolah di MI Kecamatan Prambon Nganjuk adalah baik hal ini dibuktikan dengan fakta empiris dengan indikator pelaksanaan kurikulum yang berlaku. Peningkatan mutu pembelajaran melalui pengembangan model kegiatan pembelajaran, peran serta peserta didik dalam proses pembelajaran secara aktif, kreatif, demokratis, mendidik, memotivasi, mendorong kreatifitas dan dialogis bahwa sebanyak 66 responden yang menjawab baik adalah 27 responden atau (41%), cukup baik sebanyak 13 responden atau (20%), kurang baik sebanyak 11 responden atau (17 %), sangat baik 9 responden atau (13%) dan sangat kurang baik 6 responden atau (9%). (2) Tingkat kinerja guru di MI Kecamatan Prambon Nganjuk adalah cukup baik dari 66 responden yang menjawab cukup baik adalah 24 responden atau (36%), kurang baik 20 responden atau (30%) sangat kurang baik 11 responden atau (17%), baik 10 responden atau (15%), sangat baik 1 orang atau (2%). (3) Korelasi supervisi akademik pengawas sekolah terhadap kinerja guru di MI Kecamatan Prambon Nganjuk adalah kuat, hal ini dibuktikan dengan penghitungan rumus product moment dan regresi linier sederhana bahwa nilai korelasi sebesar rxy = 0,757 yang berarti terletak antara 0,60 – 0,79 artinya terdapat korelasi yang kuat antara kualitas supervisi akademik dengan kinerja guru.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

intelektual

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman accepts research results in the fields of research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions, both formal and non-formal education in the scope of Islamic education thought, Islamic educational ...