Penelitian ini dibingkai dalam topik besar Psikologi Pendidikan Islam yang secara khusus melihat pada perspektif pemikiran Syekh Ibnu Atha’illah dari keterkaitannya antara pendidikan karakter di Indonesia dengan konsep pendidikan tasawuf . Sedangkan lingkup penelitian ini difokuskan pada tiga permasalahan utama yaitu: 1) Bagaimana pemikiran Ibnu Athaillah as-Sakandari tentang pendidikan sufistik dalam karyanya al-?ikam, 2) Bagaimana konsep pendidikan sufistik Ibnu Athaillah as-Sakandari dalam kitab al-Hikam, dan 3) Bagaimana relevansinya pendidikan sufistik Ibnu Athaillah as-Sakandari dengan pendidikan karekter di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif jenis kajian pustaka (library research). Sumber data yang digunakandalampenelitianinidiperoleh dari buku, jurnal, dan karya ilmiah lain yang relevan dengan pembahasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dilakukan reduksi data dan analisis isi. Dari penelitian ini berhasil menunjukkan metode pendidikan sufistik Syekh Ibnu Atha’illah as-Sakandari yang disebut dengan istilah sul?k, dimana hakikat pendidikan adalah upaya penempaan diri / tazkiyatu al-Nafs yang pada tujuan utamanya mengantarkan manusia menjadi insan kamil dan pada puncaknya bisa dekat atau wu??l kepada Allah swt. Adapun Relevansi antara metode sul?k dengan pendidikan karakter terdapat dalam langkah-langkah pembelajaran. jika dalam pendidikan karekater Proses pembelajaran menyentuh tiga ranah, yaitu sikap yang menyangkut dimensi jiwa, pengetahuan, dan keterampilan. sedangkan dalam metode tasawuf/ Suluk ditemukan metode Takhalli (mensunyikan diri dari kotoran-kotoran jiwa ) dan Tahalli (menghiasi diri dengan keutamaan-keutamaan). Maka dapat disimpulkan bahwa antara pendidikan tasawuf dan pendidikan karakter di Indonesia memiliki kesamaan yaitu mengedepankan pembentukan jiwa/kondisi psikologis sebelum pada ranah yang lain, dengan harapan melalui model belajar yang terintegratif dapat menghasilkan peserta didik yang arif, produktif, kreatif dan inovatif.
Copyrights © 2018