Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol. 8 No. 3 (2018): Intektual:Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, Desember 2018

Manajemen Pembelajaran Al-Qur’an Bil Ghoib Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di MI Al-Hidayah 2 Bandar Lor Kedir

Khoiril Anam (Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasajana IAI Tribakti Kediri)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2018

Abstract

Manajemen pembelajaran Al-Qur’an Bil Ghoib adalah: Proses mengatur aktivitas yang menghasilkan perubahan pada diri individu yang belajar, baik actual maupun potensial dalam menghafal Al-Qur’an untuk memelihara, menjaga dan melestarikan kemurnian Al-Qur’an yang diturunkan kepada Rasulullah diluar kepala agar tidak terjadi perubahan dan pemalsuan.Berdasarkan uraian di atas, permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana manajemen pembelajaran Al-Qur’an Bil Ghoib dalam meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Apa faktor-faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Al-Qur’an Bil-Ghoib dalam meningkatkan belajar siswa di MI Al-Hidayah 2 Kediri.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi serta wawancara. Di mana ketiga komponen tersebut merupakan suatu rangkaian yang tidak terpisahkan guna memperoleh data penelitian, oleh karena itu analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa Penerapan metode pembelajaran Al-Qur'an Bil-ghoib di MI Al-Hidayah 2 Bandar Lor menerapkan metode membaca berulang-ulang dahulu sebelum ke metode Murottilil Qur’an yang didukung dengan Iqro' Littahfidz, pembiasaan, ketauladanan, latihan hafalan, dan pemberian tugas, serta bermain, cerita dan menyanyi (BCM). Kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik hal ini dapat dilihat dari lulusan siswa yang mampu menghafal surat-surat pilihan di tambah hafalan do’a sehari- hari. Hal-hal yang mendukung efektiftifnya metode pembelajaran antara lain: adanya kebersamaan guru pembelajaran Al-Qur'an Bil-ghoib, adanya antusias siswa untuk menghafal Al-Qur'an, adanya bahan dan materi penunjang, adanya kegiatan-kegiatan ekstra meskipun terbatas sebagai pemompa semangat siswa dalam menghafal. Semengtara yang menjadi kendala yaitu kurangnya kesadaran disiplin baik bagi guru maupun siswa, kurang perhatian dan kerjasama dari sebagian wali murid, keterbatasan waktu, dan keterbatasan dana.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

intelektual

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman accepts research results in the fields of research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions, both formal and non-formal education in the scope of Islamic education thought, Islamic educational ...