Permasalahan utama dan mendasar dalam penelitian ini adalah apakah melalui bermain puzzle huruf kemampuan membaca anak usia dini dapat ditingkatkan? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini melalui bermain puzzle huruf. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuasi eksperimen (nonequivalent control group design) terhadap siswa kelompok B di TK Tunas Bangsa Desa Kramatmulya Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan yang terdiri dari 18 siswa kelompok kontrol dan 18 siswa kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian melalui observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan teknik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan membaca anak usia dini melalui bermain puzzle huruf, secara signifikan daripada anak yang tidak menggunakan permaianan puzzle huruf, dengan nilai N-Gain 26,22 pada kelompok eksperimen, dan 3,33 pada kelompok kontrol, kemampuan membaca anak usia dini menunjukkan peningkatan yang signifikan, Hal ini dikarenakan penerapan strategi yang dilakukan berulang-ulang terhadap informasi, pengalaman pembelajaran yang di dapat oleh anak usia dini melalui bermain puzzle huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi yang diajukan adalah memberikan sumbangan pemikiran pada lembaga PAUD dalam meningkatkan kemampuan membaca pada anak usia dini melalui bermain puzzle huruf.
Copyrights © 2022