Banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar anak didik dalam ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Begitupula dengan anak didik di TK Mutiara Bunda yang dalam kondisi cukup sehingga dapat dikatakan masih belum mencapai titik optimal dalam pemerolehan hasil belajarnya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Spiral dari Kemmis & Mc.Taggart yang memiliki alur perencanaan-pelaksanaan-pengamatan dan refleksi sebanyak dua siklus. Penelitian dilakukan terhadap 19 anak didik kelompok B di TK Mutiara Bunda Plumbon dengan menilai enam indikator yang terdapat dalam tiga ranah hasil belajar anak dengan hasil pada siklus I diperoleh presentase skor 48,52% dimana keadaan ini berada pada kategori Cukup, dan masih harus dilakukan lagi siklus II untuk melihat perubahannya. Dan pada siklus II diperoleh hasil 82,27% masuk kedalam kategori Baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat meningkatkan hasil belajar anak didik di kelompok B. selain itu, dengan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning ini juga membuat anak menjadi terlibat lebih aktif dalam aktivitas belajar mengajar yang dilakukan oleh pendidik
Copyrights © 2022