Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol 5 No 2 (2024): Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Strategi Guru dalam Pengelolaan Kelas di TKIT Syeikh Abdurrauf Kota Banda Aceh

Husnul Maqfirah (Unknown)
Rahmi Sofyan (Unknown)
Khoiriyah Khoiriyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2024

Abstract

Strategi guru dalam mengelola kelas merupakan sebuah prosedur yang diterapkan untuk menata ruang dan mengorganisasi peserta didik sesuai dengan kebutuhan dan program pembelajaran yang telah direncanakan yang dapat mendukung pencapaian pembelajaran yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam pengelolaan kelas oleh guru di TKIT Syeikh Abdurrauf Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru meliputi penataan dinding dan pemilihan warna ruangan, pengaturan lalu lintas di kelas, menjaga kebersihan dan kerapihan kelas, penyimpanan bahan dan perlengkapan belajar, pengaturan area aktivitas, mendorong interaksi antar anak, membangun hubungan baik dengan peserta didik, dan mengelola kondisi lingkungan kelas sebelum, selama, dan setelah pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is peer-reviewer journal tha focuses on the issue of Islamic Early Childhood Education. Investigated the dynamics of learning of children at the Early Childhood Education (TK, RA, KB, SPS). Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak is a ...