Penelitian ini ingin melihat perkembangan anak usia dini secara maksimal dan tepat sasaran, sehingga mampu mengembangkan kecerdasan terutama kecerdasan visual- spasial anak usia dini. Penelitian di lakukan di TKIT As-Sunnah Kalitanjung Kota Cirebon. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa hal-hal yang perlu diperhatikan dalam implementasi sentra bahan alam dalam mengembangkan kecerdasan visual-spasial anak meliputi media, metode, materi dan evaluasi dalam kegiatan bermain di sentra bahan alam. Faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kegiatan belajar outdoor melalui sentra bahan alam meliputi faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukung pembelajaran sentra bahan adalah guru yang berperan sebagai demonstator mampu memahami materi pembelajaran untuk diterapkan kepada anak, peserta didik yang dikelompokkan berdasarkan tahapan usia dan keaktifannya, dan banyaknya jumlah media bahan alam yang dimiliki. Faktor penghambat dalam kegiatan sentra bahan alam adalah jika guru sentra bahan alam berhalangan hadir, bermain sentra bahan alam memelukan waktu yang panjang untuk melaksanakannya, anak-anak berebut memilih ragam main yang dimainkan dan jika hujan turun maka bermain bahan alam akan dilaksanakan di dalam ruangan.
Copyrights © 2022