ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2020): Pengabdian kepada Masyarakat

Nilai Tambah Lulusan Pendidikan Nonformal Studi Komunikasi Pendidikan pada PKBM Ristek Nusantara Jaya Jakarta

Nani Kurniasari (Institute Teknologi dan Bisnis Kalbis)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Nilai tambah pendidikan nonformal merupakan pertimbangan penting dalam menentukan kelayakan penyelenggaraan sebuah institusi pendidikan nonformal. Hal ini menjadi motivasi peneliti untuk melakukan penelitian yang lebih komprehensif, mengingat persoalan pendidikan nonformal tidak hanya terbatas pada ijazah, melainkan juga sebuah pertanyaan besar apakah terdapat nilai lebih yang didapat oleh para lulusannya. Penelitian ini didekati secara kualitatif dengan strategi penelitian deskriptif. Wawancara mendalam kepada informan dilakukan untuk menangkap fenomena sebagai bagian dari kenyataan sosial untuk dikaji menggunakan teori dan konsep komunikasi pendidikan. Hasil verbatim yang didapat dari wawancara mendalam diolah dengan open coding, axial coding, dan selective coding. Penelitian ini menunjukkan bahwa selain modal intelektual untuk menghadapi ujian nasional, alumni pendidikan nonformal juga memiliki nilai tambah seperti kemampuan soft skill, kepemimpinan, dan team work yang bermanfaat bagi mereka di kemudian hari, baik untuk studi lanjut atau pengembangan karir. Penelitian ini diharapkan dapat menstimulasi penelitian selanjutnya mengingat bahwa penelitian tentang pendidikan non-formal dari perspektif komunikasi masih belum banyak dilakukan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kalbisabdimas

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Aim and Scope The focus of ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is to promote the activities and ideas of lecturers works on community services, and stimulate discussions, deliberations, and debates on the works for the people and how to manage the sustainable growth of communities. Its scope ...