Pembelajaran biologi selain mempelajari konsep juga memecahkan masalah kehidupan nyata dengan mengaitkan konsep yang ada. Konsep biologi yang bersifat abstrak apabila disampaikan dengan pendekatan pembelajaran yang kurang tepat maka akan menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Probem Based Learning dengan media animasi flash terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kragan (133 siswa). Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar adalah soal pilihan ganda, sedangkan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi. Data dianalisis dengan uji t, uji n-gain dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang nyata dari kedua kelas (thitung > ttabel). Uji n-gain menunjukkan bahwa siswakelas eksperimen memiliki n-gain74,29% pada kategori tinggi dan 25,71% pada kategori sedang. Uji regresi linier sederhana menunjukkan aktivitas siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa (nilai sig.<0,05, r kuadrat 0,759). Aktivitas siswa kelas eksperimen 82,86% siswa dalam kategori aktif sampai sangat aktif sedangkan kelas kontrol 67,64%. Simpulan dari penelitian ini adalah model PBL dengan media animasi flash berpengaruh nyata terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.  Learning biology is beside to studying the concept it is also a form of solving real-life problems by linking existing concepts. Biological concept is an abstract if it is submitted to the lack of proper learning approach will lead to poor learning outcomes. This researh aimed to determine the effect probem based learning models with flash animation media on learning outcomes and student activity. This research is a Quasi Experiment with pretest-posttest control group design with the entire population of students of class XI IPA SMAN 1 Kragan (133 students). Samples are a class ofXI IPA 1 as an experimental class and class of XI IPA 3 as the control obtained with cluster random sampling technique. The instruments used to determine the learning outcomes are multiple choice questions, while the student activity using observation sheet. Data were analyzed by t-test, n-gain and simple linear regression. The results showed significant differences from both classes (t_count>t_table). N-gain test showed that studentâs experimen class has n-gain 74.29% in the high category and 25.71% in the medium category. Simple linear regression showed student activity influence on student learning outcomes (sig. <0.05, r squared 0.759). Activity graders experiment 82.86% of the students in the category of active to very active while the control group 67.64%. Conclusions from this research is Problem Based Learning with flash animation media have real impact on learning outcomes and student activity.
Copyrights © 2015