Setiap instansi pemerintahan perlu memantau setiap berita yang disebarkan oleh media. Baik itumedia cetak, media massa, ataupun media daring/online. Tujuan kegiatan media monitoringsendiri merupakan salah satu cara untuk memantau dan menganalisis berbagai pemberitaan, yangdisebarkan oleh media melalui tools media yang dipilih. Akibat maraknya berbagai pemberitaanhoax di berbagai media, maka pemantauan media melalui kegiatan media monitoring ini perludilakukan. Pada penelitian ini menekankan pada strategi media monitoring dalam handling crisispemberitaan media. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif.Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja yaitu di PT Kinanti Strategi Utama sebagai konsultanindependen yang bekerja keras untuk membantu klien dalam mengatasi tantangan komunikasidengan mencapai tujuan dan nilai bisnis bagi semua pemangku kepentingan. Sumber dan data dikumpulkan melalui aktifitas magang, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan Sub Bagian Media Monitoringdalam memonitor suatu berita dilakukan dengan baik karena PT Kinanti Strategi Utama inimempunyai bagian khusus untuk melakukan monitoring berita. Sehingga secara umum aktivitasmedia monitoring PT Kinanti Strategi Utama sudah memberikan penawaran dan pelayanan yangbaik kepada klien.Kata kunci : Strategi Media Monitoring, Handling Crisis, Pemberitaan Media 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023