cover
Contact Name
-
Contact Email
Meirantimike@gmail.com
Phone
+6285783283490
Journal Mail Official
Meirantimike@gmail.com
Editorial Address
Jl. H.Zainal Abidin Pagar Alam No. 14 Labuhan Ratu Bandar Lampung
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi
ISSN : 27760693     EISSN : 27758745     DOI : https://doi.org/10.36269/ire.v4i1.2958
Jurnal Ilmu komunikasi yang diterbitkan dua kali dalam setahun oleh Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Lampung. Jurnal ini merupakan sarana publikasi bagi kaum akademisi dan praktisi. Jurnal ini menerbitkan artikel dari hasil penelitian baik penelitian lapangan maupun penelitian pustaka, artikel kajian konseptual, rensensi buku ilmiah terkait dengan permasalahan dan isu-isu aktual ilmu komunikasi.
Articles 54 Documents
PERAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI SISWA MASUK PERGURUAN TINGGI (Studi Pada Siswa SMAN 1 Bukit Kemuning, Kabupaten Lampung Utara) Immwati asniar; Sinta Virdayani; Emy purnamasari
INTERCODE Vol 4, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v4i2.2967

Abstract

Sekolah Menengah Atas (SMA) pada dasarnya membekali siswanya untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, hal ini kerap menimbulkan keraguan bagi para siswa. Peran guru bimbingan konseling di sekolah salah satunya adalah untuk mengarahkan siswa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jumlah key informan 7 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran komunikasi interpersonal guru bimbingan konseling sudah berjalan dengan baik, terbukti dari siswa yang melakukan konsultasi dan memperoleh solusi untuk dapat memutuskan tindakan yang akan dijalani selanjutnya. Hanya saja masih ditemukan kesulitan mengubah anggapan siswa bahwa guru bimbingan konseling identik dengan guru yang galak, tegas, dan hanya mengurusi siswa yang memiliki masalah. Kata Kunci : Peran Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling, Motivasi, Perguruan Tinggi
PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPOSIBILITY SEKOLAH BINAAN YAMAHA PALEMBANG TERHADAP BRAND AWARENESS dendi dendi; nanda syukerti; Ismadiah Wulandari
INTERCODE Vol 2, No 1 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v2i1.809

Abstract

Brand awareness terbentuk dengan pelaksanaan CSR yang baik dan akan memberikan reputasi perusahaan yang baik pula di mata masyarakat serta sebaliknya pelaksanaan CSR yang dipandang kurang baik akan memberikan kesan buruk yang berpengaruh pada reputasi perusahaan dan kesadaran merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh program Corporate Social Responsibility (CSR) yang dilakukan Yahama Palembang terhadap Brand Awareness (kesadaran merek) di kalangan siswa SMK di Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Populasi dan sampel dari siswa SMK PGRI dan Gajah Mada Palembang yaitu 45 orang. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik pengujian instrumen dengan uji validitas dan reliabilitas, analisis data dengan analisis statistik deskriptif dan uji normalitas dengan program SPSS. Hasil dari skor rata-rata dan persentase menunjukkkan keefektivan program CSR Yamaha Palembang. Hasil analisis sederhana menunjukkkan Program CSR berpengaruh positif terhadap Brand Awareness dan hasil dari nilai koefisien determinasi didapat R = 0,793 menunjukkan hubungan antara CSR (X) terhadap Brand Awareness (Y) adalah sebesar 79,3 %. Hal ini menunjukkan bahwa CSR (X) dan Brand Awareness (Y) memiliki hubungan yang cukup erat. Angka Adjusted R Square sebesar 0,620 menunjukkan bahwa CSR (X) sebesar 62%. sisanya sebesar 38 % dijelaskan oleh faktor lain.Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, Brand Awareness, Sekolah Binaan Yamaha
PENGARUH KOMUNIKASI KELOMPOK KADER POSYANDU DAN KOMUNITAS IBU-IBU TERHADAP MINAT MENGUNJUNGI POSYANDU TERKAIT ISU DIHARAMKANNYA VAKSIN MEALES RUBELLA (Studi Pada Posyandu Dahlia Desa Pemanggilan Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2019) Laela Novrianti; Achmadi Achmadi
INTERCODE Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v1i1.352

Abstract

Dunia kesehatan tidak lepas dari aktivitas komunikasi kelompok, termasuk komunikasi kelompok yang dilakukan oleh kader posyandu dan ibu-ibu tentang imunisasi vaksin mealess rubella. Isu diharamkannya vaksin mealess rubella membuat kehawatiran ibu untuk memberikan vaksin kepada bayi dan balitanya, yang berdampak para ibu enggan untuk datang ke Posyandu, sehingga menurunnya kredibilitas Posyandu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner dan data pustaka. Sampel dalam penelitian ini 33 ibu-ibu yang datang ke Posyandu Dahlia setiap bulannya. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 16 for windows. Dari hasil uji regresi linier berganda didapat nilai  R square sebesar 80,6%. Sehingga dapat dijelaskan bahwa 80,6% variabel komunikasi kelompok dan kader posyandu mempengaruhi minat ibu mengunjungi posyandu. Sedangkan selisihnya 19,4% (100%-80,6%) dipengaruhi oleh variabel lain.Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi kelompok dan kader posyadu melalui uji parsial mempunyai pengaruh signifikan terhadap minat ibu mengunjungi Posyandu Dahlia Desa Pemanggilan Kecamatan Natar Lampung Selatan, dengan thitung variabel komunikasi kelompok sebesar 10,366 dan thitung variabel kader posyandu sebesar 2,887. Hasil uji simultan didapatkan bahwa komunikasi kelompok dan kader posyandu secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap minat ibu mengunjungi Posyandu Dahlia Desa Pemanggilan Kecamatan Natar Lampung Selatan, dengan fhitung sebesar 64,280. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa faktor komunikasi kelompok dan kader posyandu adalah hal yang harus diperhatikan untuk meningkatkan minat ibu mengunjungi posyandu.
STRATEGI KOMUNIKASI CUSTOMER RELATION MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN RESERVASI HOTEL DE GREEN BANDAR LAMPUNG Immawati asniar; Meylin Azizah; Pandu Juharandi
INTERCODE Vol 4, No 1 (2024)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v4i1.2748

Abstract

Penelitian ini membahas strategi komunikasi Customer Relation Management dalam meningkatkan reservasi Hotel De Green Bandar Lampung Customer Relation Management digunakan sebagai alat strategis untuk mengoptimalkan interaksi antara Hotel dan tamu melalui personalisasi layanan, komunikasi multi-saluran, dan respons yang cepat. Data penelitian bersumber pada primer dan skunder dengan metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian didapatkan bahwa Hotel De Green Bandar Lampung dapat menciptakan pesan yang relevan dan tersegmentasi, yang meningkatkan efektivitas kampanye pemasaran. Komunikasi yang proaktif, seperti pengiriman pengingat reservasi, informasi checkin/check-out, dan update fasilitas, terbukti mampu meningkatkan kepuasan tamu dan mendorong mereka untuk melakukan pemesanan ulang. Selain itu, penggunaan teknologi seperti chatbots dan AI dalam merespons pertanyaan tamu secara real-time, mempercepat pelayanan dan menciptakan pengalaman tamu yang lebih positif., penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang efektif dalam customer relation management tidak hanya meningkatkan loyalitas pelanggan tetapi juga secara signifikan berkontribusi pada peningkatan jumlah reservasi Hotel. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Customer relation management, reservasi ,Hotel
STRATEGI MEDIA MONITORING PT. KINANTI STRATEGI UTAMA DALAM HANDLING KRISIS PEMBERITAAN MEDIA Imelda Adriani; Tria Patriani; Oktaviana Purnamasari
INTERCODE Vol 3, No 1 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v3i1.2104

Abstract

Setiap instansi pemerintahan perlu memantau setiap berita yang disebarkan oleh media. Baik itumedia cetak, media massa, ataupun media daring/online. Tujuan kegiatan media monitoringsendiri merupakan salah satu cara untuk memantau dan menganalisis berbagai pemberitaan, yangdisebarkan oleh media melalui tools media yang dipilih. Akibat maraknya berbagai pemberitaanhoax di berbagai media, maka pemantauan media melalui kegiatan media monitoring ini perludilakukan. Pada penelitian ini menekankan pada strategi media monitoring dalam handling crisispemberitaan media. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan diskriptif kualitatif.Penentuan lokasi dilakukan secara sengaja yaitu di PT Kinanti Strategi Utama sebagai konsultanindependen yang bekerja keras untuk membantu klien dalam mengatasi tantangan komunikasidengan mencapai tujuan dan nilai bisnis bagi semua pemangku kepentingan. Sumber dan data dikumpulkan melalui aktifitas magang, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas yang dilakukan Sub Bagian Media Monitoringdalam memonitor suatu berita dilakukan dengan baik karena PT Kinanti Strategi Utama inimempunyai bagian khusus untuk melakukan monitoring berita. Sehingga secara umum aktivitasmedia monitoring PT Kinanti Strategi Utama sudah memberikan penawaran dan pelayanan yangbaik kepada klien.Kata kunci : Strategi Media Monitoring, Handling Crisis, Pemberitaan Media 
PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GO AUTO (CUCI MOBIL DAN MOTOR) TERHADAP TINGKAT KEPUASAN USER DI KOTA BANDAR LAMPUNG agustho yuanda
INTERCODE Vol 2, No 2 (2022)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v2i2.2095

Abstract

Aplikasi go auto (cuci mobil dan motor) memudahkan masyarakat sehingga tidak perlu untuk mengantri di tempat cuci motor dan mobil konvensional. Mitra dari aplikasi go auto berusaha untuk memberikan pelayanan yang cepat, aman, nyaman dan murah kepada seluruh konsumen. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi go auto (cuci mobil dan motor) terhadap tingkat kepuasan user di Kota Bandar Lampung. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis kuantitatif, dengan jumlah sampel sebanyak 19 pengguna aplikasi go auto, teknik pengumpulan data kuesioner dan dokumentasi sedangkan teknik analisia data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan aplikasi go auto (cuci mobil dan motor) berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan user di Kota Bandar Lampung hal tersebut dapat dilihat dari nilai thitung variabel aplikasi go auto (cuci mobil dan motor) sebesar 36.687 sedangkan ttabel sebesar 1.729, jadi thitung 36.687 > ttabel 1.729, serta nilai signifikasi (sig t) sebesar 0.000 < 0.05. Sementara itu nilai Koefesien Determinasi (R Square) sebesar 0.988 artinya penggunaan aplikasi go auto (cuci mobil dan motor) memiliki pengaruh sebesar 98.8% terhadap tingkat kepuasan user di Kota Bandar Lampung. Kata kunci : Penggunaan Aplikasi Go Auto, Kepuasan User, Komunikasi Massa
ANALISIS KINERJA PEGAWAI PEREMPUAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGARUSUTAMAAN GENDER PADA UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS PENGAIRAN BEKRI LAMPUNG TENGAH Muhammad Fikri Akbar; Erwin Putubasai; Vina Hernida Herman
INTERCODE Vol 1, No 2 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v1i2.541

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kinerja pegawai perempuan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas. Pengairan Bekri kabupaten Lampung Tengah dalam hal kegiatan lapangan dalam upaya peningkatan pengarusutamaan gender. Penelitian ini menurut metodenya tergolong desain penelitian deskriptif dengan desain kualitatif deskriptif peneliti bermaksud untuk menjelaskan dan memaparkan mengenai hambatan-hambatan yang ada pada kegiatan-kegiatan lapangan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri yang berkaitan dengan kinerja pegawai perempuan serta upaya peningkatan pengarusutamaan gender pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri tahun 2019. Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai perempuan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri. Metode pengambilan data adalah dengan observasi dan wawancara, dokumentasi juga studi pustaka. Teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi teknik, sedangkan analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya kesenjangan tugas antara pegawai laki-laki dan pegawai perempuan pada kegiatan lapangan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri. Pegawai perempuan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri tidak pernah dilibatkan sacara langsung pada kegiatan lapangan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri. Pimpinan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri beranggapan bahwa pekerjaan dilapangan berat dan beresiko tinggi sehingga menganggap pegawai perempuan tidak mampu untuk melaksanakan tugas bidang tehnik sehingga Pegawai perempuan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri hanya ditugaskan pada urusan administrasi kantor saja. Padahal tujuan diadakan pengarusutamaan gender sendiri adalah menghilangkan dan meniadakan isu gender dan ketimpangan kerja bidang kepengairan dalam kegiatan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kinerja pegawai perempuan Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri Lampung Tengah dalam hal  menyelesaikan pekerjaan administrasi kantor dan kepegawaian dengan baik, cukup tepat waktu dalam pengerjaannya dan mampu melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab tetapi untuk bidang teknis, pegawai perempuan pada Unit Pelaksana Teknis Dinas Pengairan Bekri buta tentang pekerjaan dilapangan
KOMUNIKASI DAKWAH PENYULUH AGAMA DALAM PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH (Studi kasus perceraian dan kekerasan seksual di Provinsi Lampung) Abimanyu SP; muhammad Nur Huda; siti hayati; Dzakiah Azizah Luthfiyana
INTERCODE Vol 4, No 2 (2024)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v4i2.2959

Abstract

Dalam tatanan berkeluarga setidaknya akan di jumpai seorang ayah, ibu dan anak menjadi pemegang peran dalam keluarga itu, maka haruslah dari sosok ini mempunyai sebuah pedoman dalam membentuk keluarganya yang tenang, tentram dan penuh kasih sayang yang sering disebut dengan keluarga sakniah. Maka mewujudkan itu haruslah dengan adanya bekal pendidikan yang dimiliki oleh semua pemegang peran tersebut. Pendidikan, kemudian, mengacu pada semua upaya orang dewasa yang dilakukan bersama dengan anak-anak untuk membimbing pertumbuhan jasmani dan rohani mereka menuju kedewasaan. Orang dewasa dalam pengertian ini tidak hanya diartikan sebagai orang yang matang secara fisik, tetapi juga sebagai individu yang matang secara psikologis. Pendidik agama memberikan arahan, jawaban atas pertanyaan, dan banyak informasi keagamaan; oleh karena itu, nasihat mereka tidak hanya bersifat seremonial tetapi juga bersifat instruktif. 3) Tindakan mendampingi. Guru yang membimbing siswa menggunakan pendekatan persuasif, mendukung pengembangan kesadaran dan membantu klien mengenali dan memecahkan masalah. Oleh karena itu, bantuan yang diberikan oleh para penyuluh agama di Kota Bandar Lampung ini diperuntukkan bagi para korban penyalahgunaan narkoba, bagi mereka yang menjadi korban pergaulan bebas, dan bagi para remaja yang membutuhkan pertolongan agar tidak terjadi tawuran. 4) Tindakan Pembinaan. Para pendidik agama menerapkan berbagai teknik dalam posisi pembinaannya, antara lain pendekatan keteladanan, metode pembiasaan, dan metode menasihati. Kata kunci: komunikasi, Penyuluh Agama
PERAN KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DALAM MEWUJUDKAN KOMUNIKASI YANG EFEKTIF (Studi Pada Peserta Didik Kelompok B.3 TK Kartika Jaya II-26 Bandar Lampung Tahun 2019) Ayu Deska Lestari; Meylin Azizah
INTERCODE Vol 1, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v1i1.348

Abstract

Komunikasi nonverbal dapat diaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari termasuk juga dalam dunia pendidikan, baik pendidikan formal dan informal. Peran guru dalam memberikan edukasi kepada peserta didik dengan menggunakan komunikasi nonverbal dalam mewujudkan komunikasi yang efektif saat proses belajar mengajar, namun masih ada beberapa peserta didik yang merasa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan oleh guru. Berdasarkan uraian diatas rumusan masalah pada penelitian ini, bagaimana peran komunikasi nonverbal guru dalam mewujudkan komunikasi yang efektif. Bertujuan agar peneliti mengetahui peran guru dalam menggunakan komunikasi nonverbal. Tipe penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, menggunakan wawancara sebagai pengumpulan data ke informan 15 orang dan validitas datanya yakni triangulasi. Dari hasil  penelitian ini diketahui bahwa peserta didik yang mempunyai keterlambatan daya tangkap berpikir dapat memahami saat guru menjelaskan materi menggunakan bahasa komunikasi nonverbal harus didampingi dalam pelajaran berhitung, menulis tegak bersambung, membaca huruf alpabet dan kegiatan lainnya seperti menyanyi bersama dan menari serta menghapal doa-doa, dari kegiatan tersebut diketahui bahwa komunikasi nonverbal terbukti membantu dalam proses belajar mengajar sehingga dapat berlangsung dengan baik dan efektif di dalam kelas.
PERAN HUMAS SMA MUHAMMADIYAH GADINGREJO DALAM MEMBENTUK CITRA DI KECAMATAN GADINGREJO KABUPATEN PRINGSEWU riyang hakiki; achmadi achmadi
INTERCODE Vol 3, No 2 (2023)
Publisher : Universitas Muhammadiyah Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36269/ire.v3i2.2117

Abstract

Penelitian ini berangkat dari kegelisahan peneliti terhadap SMA Muhammadiyah yang sudah berdiri 29 tahun lamanya namun sekolah tersebut masih belum diminati oleh banyak masyarakat karena banyak siswa-siswi SMA Muhammadiyah yang sering terlambat sekolah dan cara berpakaian siswa-siswinya yang tidak sesuai dengan tata tertib sekolah, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang peran humas dalam membentuk citra di SMA Muhammadiyah Gadingrejo, yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif untuk mengetahui peran humas dalam membentuk citra. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa humas SMA Muhammadiyah Gadingrejo sudah menjalankan peran dan fungsinya sebagai variable pengaruh yaitu : Komunikator, Penghubung, Pendukung, dan Publikator dan sebagai variable yang dipengaruhi sebagai indikatorya yaitu : Persepsi, Kognisi, Motivasi , sikap, dan semua ini dalam kategori cukup baik, upaya pembentukan citra di SMA Muhammadiyah Gadingrejo belum optimal karena fasilitasnya kurang dan adanya peraturan yang tidak konsisten.