Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 9 No 1 (2025): Edisi Januari - April 2025

MENINGKATKAN KEPUASAN PASIEN MELALUI IMPLEMENTASI LAYANAN : STUDI LITERATUR PADA RUMAH SAKIT HNGV-TIMOR LESTE

Dewi, Idah Kusuma (Unknown)
Satato, Yuniarto Rahmad (Unknown)
Maryani, Tri (Unknown)
S, Tafan Yunior (Unknown)
Fortuna, Nova Mutiara (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi layanan di Hospital Nacional Guido Valadares (HNGV) Timor Leste dalam upaya meningkatkan kepuasan pasien. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi literatur, penelitian ini menganalisis sumber referensi dari jurnal internasional, laporan WHO, dan dokumen kebijakan pemerintah periode 2014-2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi layanan di HNGV memiliki variasi dalam kinerja dimensi kualitas layanan WHO, dengan dimensi akses dan keamanan mendapat penilaian baik, sementara dimensi ketepatan waktu dan efektivitas masih memerlukan peningkatan. Faktor utama yang mempengaruhi kepuasan pasien meliputi kompetensi tenaga kesehatan, efektivitas sistem manajemen, dan kualitas infrastruktur. Tantangan utama mencakup keterbatasan sumber daya, masalah koordinasi antar departemen, dan hambatan bahasa. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pengembangan strategi peningkatan layanan kesehatan yang kontekstual untuk negara berkembang, khususnya Timor Leste, dengan menekankan pentingnya pendekatan holistik yang mempertimbangkan aspek teknis, kultural, dan manajerial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...