Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)
Vol 9 No 1 (2025): Edisi Januari - April 2025

PENGARUH METAVOICING, VISIBLE PRESENCE DAN GUIDANCE SHOPPING AFFORDANCE TERHADAP PURCHASING DECISION PADA SHOPEE LIVE STREAMING

Nur Fadilah (Unknown)
Alshaf Pebrianggara (Unknown)
Misti Hariasih (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh metavoicing, visible presence, dan guidance shopping affordance terhadap keputusan pembelian pada platform Shopee live streaming. Menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan purposive sampling, penelitian ini melibatkan 96 responden pengguna Shopee yang pernah berbelanja melalui fitur live streaming. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan menggunakan skala likert untuk mengukur sikap serta pendapat responden. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui perangkat lunak SmartPLS 3.2.8 untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa metavoicing dan visible presence tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Sebaliknya, guidance shopping affordance memiliki dampak signifikan terhaap keputusan pembelian.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...