Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kualitas buku siswa pada materi Suhu dan Kalor berdasarkan kriteria-kriteria pada instrumen penilaian STRS. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang didukung dengan data kuantitatif. Sumber data berupa materi Suhu dan Kalor pada dua buku Fisika siswa yang dinilai oleh lima penilai. Pengumpulan data melalui angket penilaian yang dimodifikasi oleh Jumanto. Teknik uji validitas data yang dilakukan adalah dengan triangulasi sumber data. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku A dan buku B cukup sesuai dengan kriteria aspek STRS. Kekurangan pada buku A adalah materi yang tidak lengkap, tidak menyajikan keterkaitan sains dengan lingkungan sosial dan masyarakat, dan ditemukan kesalahan informasi pada tabel kalor jenis zat halaman 427. Kekurangan pada buku B adalah tingkatan soal kurang bervariasi, tidak memuat latar belakang sejarah konsep, tidak terdapat panduan penggunaan buku, gambar kurang jelas, dan terdapat kesalahan konsep pengertian kalor pada halaman 128. Data kualitatif yang dikuantifikasi dianalisis mengunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa 100% penilai menilai bahwa buku A memiliki kategori memuaskan. Pada buku B, 80% penilai menyatakan buku memiliki kategori memuaskan dan 20% dengan kategori cukup memuaskan.Kata kunci: analisis buku, STRS, Suhu dan Kalor
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024